Powered By Blogger

Jumat, 13 April 2012

4 Ras Kucing Yang sudah Punah

1.Sumxu (Chinese Lop)

Add caption
Sumxu adalah perdebatan dan bukan legenda sekalipun foto asli dari hewan yang di duga sejenis kucing ini tidak ada, sumxu pertama kali di laporkan pada tahun 1700-an di sekitar peking china dan di bawa keluar daerah China pada tahun 1796. Laporan fisik mengatakan bahwa ciri utama sumxu adalah kuping yang menjuntai seperti kelinci loop, bulu panjang seperti persia berwarna hitam atau kuning. Peryataan bahwa sumxu adalah hewan peliharaan di terangkan oleh seorang penjelajah Jerman, yang menerangkan bahwa sumxu banyak di pelihara dan di beri kalung. Hewan ini tergolong mahal dan hanya di pelihara oleh orang kaya.
 
Setelah kedatangan orang Jerman pertama ke peking maka datanglah Georges Louis Leclerc, Comte de Buffon seorang naturalis Jerman yang ingin membuktikan keberanan kucing jenis baru sumxu.
Beberapa literatur menyebutkan bahwa sumxu adalah sejenis macan dahan atau musang, namun ketika Buffon datang ke China ia malah menemukan sumxu berwarna putih mirip dengan kucing persia. Ia juga menyebutkan bahwa sumxu menjadi peliharaan favorite wanita peking kala itu. Buffon juga menyebutkan bahwa bahwa yang ia lihat dan yang penjelajah Jerman lain lihat sebelumnya adalah species yang berbeda.

Namun anehnya ketika awal 1900 sumxu tiba tiba menghilang dari daerah peking, naturalist eropa mencari habis-habisan sumxu di China. Lebih anehnya banyak orang China yang mengenal sumxu namun tidak bisa menemukannya seekorpun?, kucing putih berbulu panjang dan bertelinga loop terakhir di impor dari china pada tahun 1938 itupun tidak bisa di temukan jejaknya. Hingga akhirnya para ahli sepakat untuk menyatakan bahwa sumxu telah punah. 

Sumxu adalah contoh salah persepsi yang di ciptakan oleh orang barat ketika pertama kali melihat hewan yang tidak di ketahui, penemuan Buffon terhadap kucing sumxu menjadi titik terang bahwa jenis kucing peking ini pernah ada. Walaupun banyak kejanggalan mengapa sumxu tiba tiba punah dan sulit di temui?, adapun dugaan seperti halnya kucing persia yang sulit untuk di kembang biakan.

 
2. Oregon Rex
 
Oregon rex adalah salah satu jenis dari kucing rex dan terjadi akibat mutasi alamiah, secara fisik oregon rex tidak jauh berbeda dengan kucing rex lainnya. Masalahnya Oregon rex yang pertama kali di temukan pada tahun 1940-an ini hanya ada satu per sejuta kucing lainnya di Oregon, dan di kategorikan sebagai jenis rex lain. Untuk memperbanyak dan memantapkan jenis ini maka Oregon rex di silangkan dengan cornish rex menurut literatur Oregon rex memiliki bulu kawat yang jauh lebih pendek dari pada cornis, devon dan german rex. sayangnya jenis Oregon sulit di tangani mereka cenderung keras kepala, literatur juga menyebutkan bahwa Oregon rex berkaki jenjang dengan  cakar kecil berbeda dengan rex lainnya yang umumnya berkaki pendek seperti persia
Kucing Oregon rex sempat populer pada tahun 60-70, hingga paga tahun 1975 Oregon rex terakhir di ketahui mati. Semenjak itu Oregon rex di nyatakan punah dalam sebagian literatur Oregon rex di tulis not breed.


3.Masked Silver cat
 
Ini adalah jenis yang menjadi perdebatan banyak literature yang menyebutkan bahwa masked silver cat merujuk pada kucing siamse, namun banyak juga yang menyebutkan bahwa kemunculan masked silver cat adalah  kucing chincilia silver yang gagal. Namun dalam kategori cat breed masked silver cat terdaftar dan di kategorikan punah, tidak jelas bagaimana menentukan masked silver tapi ada satu literatur yang menyebutkan bahwa masked silver adalah jenis berbeda.

Masked silver cat yang asli tidak berasal dari burmese cat maupun himalayan dan siamese walaupun bentuk mereka sama, masked silver cat hanya di akui jika berasal dari ras chincilia murni. Di mana sekarang semua chincilia hanya berwarna silver, tabby dan golden, menurut literature chincilia sealpoint bukanlah masked silver. Ini adalah alasan mengapa masked silver cat di kategorikan punah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar